Rekomendasi Buku  "Self Improvement" yang Bisa Membuat Hidupmu Lebih Berkualitas
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

Buku menjadi salah satu media untuk pengembangan diri. Dengan membaca buku, seseorang akan mendapat pengetahuan atau wawasan. Wawasan tersebut menjad modal untuk berpikir lebih kritis, analitis, dan bijak.

Buku juga bisa menjadi obat penyembuh bagi  seseorang yang mempunyai masalah kepribadian. Ada banyak buku yang membahas tentang self improvement atau perbaikan kualitas hidup.  Buku-buku tersebut menyoroti ilmu psikologi dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Berikut ini beberapa buku self improvement yang bisa anda jadikan kaca untuk menengok diri sendiri.

Filosofi Teras

Buku karya Henry Manampiring ini membahas tentang filsafat stoa.  Filosofi Teras diterbitkan oleh Kompas tahun 2018. Buku ini disebut juga menjadi semacam panduan moral untuk anak-anak muda.

Meski pembahasannya filsafat Yunani, namun penyampaian buku ini sangat renyah dan ringan. Jadi anda yang tidak terlalu suka buku berisi teori atau filsafat yang membosankan jangan kawatir. Henry Manampiring mengemas buku ini dengan gaya kekinian, terutama permasalahn anak muda era sekarang.

Dari buku ini pembaca akan belajar bagaimana cara menghadapi masalah yang sering mengguncang kepala. Filosofi Teras mengajarkan bahwa dalam menerima sebuah masalah seseorang harus tenang dan mampu berpikir santai.

The Power of Habit

Buku The Power of Habit merupakan karya dari Charles Duhigg. Buku ini membahas tentang seluk beluk kebiasaan manusia, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaannya.

Tulisan dalam buku ini banyak diambil dari studi kasus kehidupan orang-orang dari beragam latar belakang profesi. Jadi sudut pandang maupun permasalah yang dibahas sangatlah plural dan menarik.

Melalui buku ini pembaca dapat memahami bagaimana cara kerja kebiasaan. Bagaimana suatu kebiasaan terbentuk. Bagaimana kebiasaan yang baik dan yang buruk terjadi. Pembaca dapat menganalisi pola kebiasaan hingga merubah kebiasaan yang dirasa negatif.

Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat

Buku karya Mark Manson ini gemilang menjadi best seller improvement book di berbagai toko buku. Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat membahas pentingnya bersikap ‘bodo amat’.

Buku ini membuka wawasan baru bagi generasi milenial untuk mengatasi berbagai masalah dalam hidup. Manson membedah tuntas dampak negatif dari rasa mudah sungkan, terlalu khawatir dengan pendapat orang lain, hingga menjadi people pleaser atau mencoba menyenangkan orang lain.

Oleh karena itu, melalui narasi psikologi negativisme, Manson mengatakan bahwa menjadi pribadi yang ‘bodo amat’ sangatlah penting. Catatan, bukan berarti acuh tak acuh. Namun menyingkirkan pendapat-pendapat negatif orang lain yang justru berpotensi menghambat perkembangan diri seseorang.

Dengan bersikap ‘bodo amat’ seseorang bisa meraih hidup yang berkualitas. Orang-orang bisa menjadi lebih tegas, lebih disiplin, tidak takut untuk melangkah, dan menjadi semakin produktif.

Itu tadi beberapa rekomendasi buku self improvement yang wajib anda baca untuk memperbaiki kualitas hidup. Buku-buku tersebut mudah didapatkan di berbagai toko buku offline maupun online. Harganya juga sangat terjangaku. Selamat membaca.

Ikuti dan baca terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.