Cara Membuat Diskon Menarik Agar Tokomu Diserbu Pembeli
Ilustrasi Diskon (Freepik)

Bagikan:

Pembeli paling suka jika ditawari dengan diskon. Maka dari itu diskon menjadi salah satu strategi pemasaran yang kerap digunakan oleh pelaku bisnis. Ada berbagai model diskon yang bisa diterapkan.

Sebagai pemilik bisnis anda harus mengetahui model-model diskon untuk menikatkan provit toko anda. Diskon sangat ampuh menarik pembeli dalam jumlah banyak. Dengan begitu, nantinya branding hingga penjualan di tokomu bisa meningkat.

Dengan adanya diskon, pembeli akan berpikir bisa menghemat pengeluaran mereka. Sebuah survey mengatakan sekitar 57% konsumen memilih membeli suatu produk saat diskon.

Berikut ini cara-cara membuat diskon yang menarik agar tokomu diserbu pembeli.

Share Post Diskon

Share post diskon adalah model diskon yang mewajibkan konsumen untuk membagikan foto produk anda di media sosial mereka. Anda bisa menerapkan diskon tersebut di Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya.

Anda juga bisa menambahkan syarat lain kepada konsumen yang ingin memperoleh promo diskon. Misalnya, mereka wajib tag atau menandai akun toko anda. Jangan lupa meminta mereka untuk menulis kata-kata menarik yang berisi ajakan untuk membeli produk anda.

Gratis Ongkir

Diskon ini terbukti ampuh menggaet banyak konsumen. Model diskon ini berupa membebaskan ongkos kirim pada pembelian produk anda. Anda tidak perlu sama sekali mengubah harga produk anda.

Banyak kasus menyebutkan ongkos kirim menjadi hal yang cukup dipertimbangkan konsumen setiap membeli produk. Kadang ada konsumen yang batal membeli produk karena ongkirnya cukup mahal.

Promo gratis ongkir membuat konsumen lebih mantap membeli produk. Mereka tidak perlu memikirkan biaya kirim. Keuntungan jangka panjangnya, mereka akan terus berlangganan di toko anda.

Buat timeless atau waktu terbatas

Pemberian batasan waktu cukup efektif membuat konsumen berebutan memburu produk anda. Ketika sebuah produk dijual dengan batasan waktu, konsumen akan cemas kehabisan stok produk. Dengan begitu mereka akan terdorong untuk segera membeli produk anda.

Anda bisa memberikan batasan waktu hari, jam, hingga tanggal tertentu. Selain itu, masih ada banyak batasan-batasan yang bisa anda terapkan, seperti membatasi jumlah produk dan batas minimal pembelanjaan.

Contoh promo pembatasan; produk anda dijual hanya dari hari jam 8 pagi hingga 8 malam, dari hari Sabut sampai Senin.  Anda juga bisa memberi, diskon 50% bagi pembelanjaan minimal seharga 200 ribu. Bisa juga mengadakan flash sale khusus hari kemerdekaan, hari raya, hari Jumat, dan sebagainya.

Buy 1 Get 1 Free

Promo ini menawarkan gratis satu produk setiap pembelian satu produknya. Diskon model ini cukup kerap digunakan dalam bisnis, terutama bagi yang baru memulai usaha. Promo tersebut cukup kencang menarik konseumen karena mereka berpikir bisa menghemat satu produk.

Selain sistem tersebut, anda juga bisa menerapkan teknik free satu produk untuk pembelian di atas 150 ribu. Bisa juga dengan cara pembelian makanan tertentu gratis makanan yang lain.

Group Diskon

Diskon model ini ibarat tangan gurita, mampu menggaet banyak konsumen dalam waktu singkat. Sistem dalam diskon ini, yaitu mewajibkan konsumen untuk mengajak 2 orang temannya jika ingin mendapat diskon 50%.

Dengan cara ini para konsumen anda secara tidak langsung sudah menjadi agen pemasaran anda. Mereka biasanya tertarik untuk  mengajak teman kuliah, teman kerja, atau keluarga mereka.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.