Mensos Risma Tinjau Lokasi Banjir di Semarang; Pompa Penyedot Air tidak Bisa Beroperasi Karena Listrik Padam
Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau banjir di Perumahan Tlogosari, Kota Semarang (Foto: Antara)

Bagikan:

Mengatasi banjir Semarang, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini langsung terjun ke Tlogosari, Semarang Timur, 7 Februari. Perum Tlogosari merupakan daerah yang menjadi langganan banjir di Ibukota Jawa Tengah tersebut.

Risma langsung mengambil langkah cepat untu mengatasi genangan banjir. Lewat panggilan telepon, ia meminta Petugas BBWS Pemali Juana untuk mengaktifkan semua pompa penyedot air.

Menurutnya, cara itu bisa bekerja untuk mengurangi  volume banjir di beberapa lokasi di Kota Semarang.   

"Itu pompa (di Sungai Tenggang) tolong dinyalakan semua Pak, ini masih ada genangan, biar cepat surut, terlalu lama ini kasihan warga," ucap Risma.

Petugas yang menerima telepon langsung menyampaikan kabar terkait kondisi pompa yang belum bisa dioperasikan. Petugas yang ditelpon menyebutkan kalau beberapa unit pompa penyedot dimatikan untuk proses pendinginan setelah sebelumnya dioperasikan.

"Pendinginan berapa jam? Itu setengah jam cukup. Saya tahu pompa itu seperti apa. Tolong dinyalakan maksimal,Pak," ujarnya dengan nada mengiba.

Pompa Tidak Beroperasi Karena Listrik Padam

Risma kemudian juga berbicara melalui telepon dengan petugas BBWS Pemali Juana yang lain dan menerima penjelasan jika pompa di Rumah Pompa Kali Tenggang tidak dioperasikan karena ada pemadaman listrik.

Selain itu, Rumah Pompa Kali Tenggang juga tidak tersedia genset.

"Sampai berapa hari (tidak dioperasikan)? Masak warga harus begini (kebanjiran) terus," kata dia.

BACA JUGA:


Risma Meninjau Lokasi Banjir

Saat tiba di lokasi banjir di Perumahan Tlogosari Semarang, Mensos Risma yang mengenakan sepatu boots berjalan kaki menyusuri genangan air setinggi kurang lebih 30 sentimeter. Dia juga mendatangi beberapa dapur umum di kawasan tersebut yang dibuka untuk membantu para korban banjir.

Sebelumnya, Risma juga berkunjung ke lokasi tanah longsor di RT03/RW01 Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Banjir dan tanah longsor melanda beberapa wilayah di Kota Semarang akibat tingginya curah hujan selama beberapa hari terakhir.

Ikuti Juga VOI.