Lima Fitur Bertenaga AI Baru YouTube untuk Membantu Kreator Pemula
Tampilan salah satu fitur baru YouTube (foto: YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Selama Made On YouTube, sebuah acara yang menampilkan cara-cara terbaru YouTube dalam mendukung dan menyoroti para pembuat konten, Google mengumumkan lima fitur baru. 

"Alat-alat ini akan membuka bentuk-bentuk baru ekspresi kreatif, mengurangi tugas-tugas yang memakan waktu dan mahal, serta memungkinkan pembuat konten menjangkau lebih banyak pemirsa," tulis raksasa teknologi itu dalam blognya, dikutip Senin, 25 September. 

Pertama, YouTube akan menghadirkan, Dream Screen, sebuah alat bertenaga Artificial Intelligence (AI) baru, yang memungkinkan pembuat konten untuk menambahkan latar belakang gambar atau video yang dihasilkan AI ke YouTube Shorts dengan menuliskan keyword saja.

Kedua, YouTube juga akan meluncurkan YouTube Create, sebuah aplikasi baru yang menawarkan alat pengeditan video termasuk pengeditan dan pemangkasan presisi, teks otomatis, kemampuan voice over, dan akses ke perpustakaan filter, efek, transisi, dan musik bebas royalti.  

Fitur ketiga yang diumumkan adalah AI Insight. Tahun depan, YouTube Studio akan memanfaatkan AI generatif untuk memicu ide video dan membuat draf kerangka guna membantu pembuat konten bertukar pikiran. Wawasan tersebut akan dipersonalisasi untuk setiap saluran dan berdasarkan pada apa yang sudah ditonton pemirsa di YouTube. 

Fitur selanjutnya adalah Aloud, alat sulih suara otomatis yang didukung AI yang akan membantu pembuat konten membuka konten mereka kepada dunia.

Terakhir, tahun depan YouTube juga akan meluncurkan fitur Pencarian Bantu di Pencipta Musik, untuk mempermudah pembuat konten dalam mencari soundtrack untuk video mereka dengan penelusuran bantu di Musik Kreator.

Kreator hanya perlu mengetikkan deskripsi konten Anda dan AI akan menyarankan musik yang tepat dengan harga yang tepat.